Cara Mengencangkan Payudara Setelah Menyusui Secara Tradisional

Cara Mengencangkan Payudara Setelah Menyusui Secara TradisionalCara mengencangkan payudara setelah menyusui secara tradisional – Pada umumnya, seusai masa menyusui payudara wanita akan menjadi turun dan kendur. Dan setiap wanita yang sedang mengalami masa menyusui atau baru saja menyusui bayi mereka pastinya akan bertanya-tanya mengenai cara agar payudara menjadi kencang kembali.Pada umumnya, seusai masa menyusui payudara wanita akan menjadi turun dan kendur. Dan setiap wanita yang sedang mengalami masa menyusui atau baru saja menyusui bayi mereka pastinya akan bertanya-tanya mengenai cara agar payudara menjadi kencang kembali.

Di samping manfaat asi yang sangat banyak untuk bayi, menyusui bisa menimbulkan perubahan bentuk payudara. Sebelum saat hamil dan saat melahirkan, payudara ibu tentu lebih kencang dan padat. Namun setelah itu, jika sudah berhenti menyusui, kulit payudara akan mengendur dan melorot. Lantas apa sih yang menyebabkan payudara menjadi kendor dan melorot setelah menyusui. Nah, berikut ini adalah penjelasannya:

Penyebab Payudara Kendur Setelah Menyusui

1. Berawal dari masa kehamilan pada ibu. Ternyata selama kehamilan, ligamen cooper, atau jaringan yang mengikat dada ke otot dan memberi penyangga, meregang bersamaan dengan kulit. Pertambahan ukuran tersebut merupakan cara tubuh mempersiapkan menyusui.

2.Saat beberapa hari pertama setelah melahirkan, payudara cenderung akan membengkak dan menjadi berat karena produksi susu. Kemudian setelah dua minggu, payudara akan kembali ke ukuran normal selama kehamilan dan tetap akan seperti itu sampai ibu memutuskan untuk menyapih bayinya.

3.Selain menyusui, usia seorang wanita juga merupakan faktor penyebab payudara menjadi kendur dan turun. Berbagai penelitian sudah membuktikan bahwa pada wanita berusia akhir tiga puluhan, kulit tubuh wanita kehilangan elastisitas kulit lebih cepat. Hal tersebut juga bisa memengaruhi kekencangan payudara mereka.

4.Faktor lainnya adalah konsumsi alkhohol. Tahukah Anda bahwa wanita yang mengonsumsi minuman berkarbonasi dan nikotin juga menunjukkan tanda-tanda penuaan dini dan melemahnya struktur seluler kulit mereka. Sehingga berdampak pada perubahan kekencangan  payudara.

Cara mengencangkan payudara setelah menyusui secara tradisional

Setelah mengetahui penyebab-penyebab payudara menjadi kendur, berikut ini adalah cara mengencangkan payudara yang bisa Anda lakukan di rumah:

1.Pakailah ukuran bra yang tepat
Agar payudara kencang setelah menyusui, hal pertama yang harus ibu lakukan adalah memakai bra yang tepat. Pilihlah bra yang bisa menyangga payudara dengan baik.

2. Buatlah posisi yang baik saat menyusui
Perlu Anda ketahui bahwa ibu harus menghindari membungkuk saat menyusui. Gunakanlah bantal menyusui atau penyangga untuk menaikkan bayi agar pas setinggi payudara Anda. Perbaiki postur dan posisi sederhana ini saat menyusui akan membantu menjaga payudara Anda kencang setelah menyusui.

3. Olahraga yang rutin
Olahraga teratur akan membantu Anda menurunkan berat badan (termasuk cara mengencangkan payudara). Mulailah dengan olahraga yang ringan ringan saja seperti berjalan kaki, jogging, berenang atau bahkan yoga.

4. Jaga payudara tetap lembab
Oleskanlah pelembap ke payudara minimal 2 kali sehari. Mengoleskan pelembap bertujuan untuk meningkatkan elastisitas kulit, mengencangkan kulit dan mengurangi munculnya stretch mark yang bisa berkembang pada payudara.

5. Pola makan yang sehat
Bagi wanita yang sedang menyusui sangat dianjurkan untuk mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran yang kaya akan antioksidan serta makanan tinggi vitamin seperti B dan E untuk mencegah payudara menjadi kendur.

6. Memijat payudara Minyak Bulus
Setelah Anda benar-benar selesai menyusui, Anda bisa menggunakan resep membesarkan payudara dengan minyak bulus. Minyak bulus disini berfungsi untuk mengencangkan kembali payudara setelah menyusui agar payudara besar tidak kendur. Oleskanlah payudara dengan minyak bulus secara tipis dan merata (asalkan tidak mengenai puting). Lakukan pijatan dengan gerakan melingkar yang lembut dan pelan. Untuk mendapatkan payudara yang kencang, lakukanlah pijatan tersebut sebanyak 3-5 kali dalam seminggu.

Penelusuran terbaru : cara membesarkan payudara setelah menyusui, ukuran normal payudara
Payudara Indah Dalam Hitungan HariMau Tau? Klik!